RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
GUGUS III
Kelas/semester : I/I
Tahun Pelajaran : 2013-2014
Tema : Keluarga
Sub Tema : Anggota
Keluargaku
Minggu ke/Pelaksanaan : 1X / 12 0KTOBER 2013
Kegiatan Pembelajaran :
1
Alokasi waktu :
4 x 30 menit (1 x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerima,
menjalankan dan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percayaan diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru .
3.
Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, dan logis dalam karya yang
estatis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar ditengah
keberagaman bahasa daerah.
2.3
Memiliki perilaku santun dari sikap kasih sayang melalui
pemanfaatan bahasa indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4
Mengenal teks cerita/personal tentang keberadaan keluarga
dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan
tulisan yang dapat diisi dengan kosa keta daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau
personal tentang keberadaan keluarga secara mandiri dalam bahasa indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata daerah untuk membantu
penyajian
Matematika
2.1 Memiliki perilaku patuh pada aturan dalam
melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur atau aturan dengan
memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
3.1 Mengenal bilangan asli samapi 99 dengan
menggunakan benda-benda yang adadisekitar rumah,sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri
dengan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
terkait aktivitas sehari-hari dirumah, sekolah,atau ditempat beermain serta
memeriksa kebenarannya.
C. Indikator
Bahasa Indonesia
-
Menyebutkan anggota keluarga
-
Menceritakan tentang anggota keluarga
Matematika
-
Menyebutkan banyak anggota keluarga
D. Tujuan
Pembelajaran
-
Setelah mendengar contoh yang disampaikan guru,siswa
dapat menyanyikan lagu tentang keluarga dengan baik
-
Setelah bernyanyi siswa dapat menyebutkan minimal tiga
contoh kegiatan keluarga dengan kalimat sendiri
-
Setelah mendengar cerita guru tentang anggota keluarga
siswa dapat menyebutkan anggota keluarga dengan benar.
E. Materi
Bahasa indonesia
-
Menyebutkan anggota keluarga
-
Menceritakan tentang anggota keluarga
Matematika
-
Menyebutkan banyak anggota keluarga
. Pendekatan dan
Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative learning
Metode
: penugasan,Tanya jawab,Diskusi Dan Ceramah
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
A.
Kegiatan
awal
|
-
Mengajak semua
siswa berdoa (untuk mengawali kegiatan)
-
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
-
Mengajak
berdinamika dengan tepuk keluarga
-
Mengajak semua siswa menyanyi “Satu-satu aku sayang
ibu”
-
Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang anggota keluarga
-
Memotivasi
dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
|
10 menit
|
B.
Kegiatan inti
|
-
Siswa diminta untuk menyebutkan anggota keluarga
-
Siswa
memperhatikan
informasi guru,bahwa kasih sayang antar keluarga sangatlah indah dan tuhan
selalu sayang kepada hambanya
-
Siswa diminta menyanyikan lagu “satu-satu aku sayang
ibu “
-
Siswa diminta menjawab pertanyaan, siapakah yang
dimaksud dengan ibu, ayah, adik dan kakak?
-
Siswa memperhatikan cerita dari buku dengan tema “Sayang
keluarga”
-
Siswa diminta menjawab, apakah mereka tahu siapa saja
anggota keluarga mereka?
-
Siswa diminta untuk menghitung jumlah anggota
keluarganya.
-
Siswa di minta
menggambar anggota keluarga yang ada di dalam keluarganya, secara sederhana.
-
Siswa menempel/memajang hasil karya/gambar keluarga
yang di gambarnya sendiri.
|
10 menit
30 menit
10 menit
30 menit
30menit
|
C.
Penutup
|
-
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil
belajar bersama selama 1 sehari
-
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
-
Melakukan penilain hasil belajar
-
Mengajak semua siswa berdoa
|
10
menit
|
H. Sumber
dan media pembelajaran
-
Diri anak
-
Lingkungan keluarga
-
Buku tematik kelas I (Tema keluargaku)
-
Foto keluarga
-
Kartu bilangan
I. Penilaian
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian
proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian
hasil
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajr dengan tes tulis dan lisan
2.
Insturumen
penelitian
a.
Penilaian proses
1.
Penilain kinerja
2.
Penilaian produk
b.
Penilaian hasil belajar
1.
Pilihan ganda
2.
Isian singkat
3.
Esai atau uraian
Mengetahui
Ketua Gugus
III
H.Ahsani,
S.Pd,Msi
NIP. 19660412 198803 1 015
|
Kelompok Guru Kelas I dan SBK
1. Ratna
Komala,SPd
2. Turohmah,SPd
3. Hulindah,Spd
4. Rianawati A Ma
5. Saptiah,SPd
6. Leniwati,A Ma
7. Deni
Hariyani,SPd
8. Lilis Haryati
9. Fitriyah,SPd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar