Sabtu, 04 Januari 2014

PTK - KELAS II SDN KALITIMBANG I KOTA CILEGON


PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


JUDUL
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MEMBANDINGKAN BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II  SDN KALITIMBANG I  KOTA  CILEGON

      LATAR BELAKANG
Peranan lingkungan dan keluarga sangat penting dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa disamping guru. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam hal menumbuhkembangkan minat siswa untuk meraih prestasi dalam bidang pelajaran tertentu termasuk matematika. Untuk itu seorang guru perlu mencari strategi alternatif dalam menumbuhkan minat siswa agar mau belajar dengan gembira (tanpa merasa dipaksa), sehingga dapat menimbulkan percaya diri pada siswa, yang pada akhirnya mereka dapat mengembangkan kemampuan yang telah ada tanpa mereka sadari. Tampaknya menggali kemampuan siswa dengan cara menumbuhkembangkan kemampuan yang telah ada terkadang terlupakan oleh seorang guru, sehingga pendidikan itu terkesan memaksa dan menjemukan. Lebih-lebih siswa tumbuh pada lingkungan dan keluarga yang kurang memahami pentingnya pendidikan. Orang tua tidak mengerti, lingkungan tidak mendukung, di sekolah merasa dipaksa mengerjakan hal-hal yang tidak bisa dan berakhir dengan pengambilan keputusan untuk berhenti sekolah. Seperti halnya siswa SDN Kalitimbang I kecamatan Cibeber kota Cilegon. Anak-anak usia sekolah di Kalitimbang banyak yang putus sekolah. Mereka putus sekolah mungkin disebabkan oleh faktor ekonomi, lingkungan, atau mungkin saja akibat strategi pembelajaran di kelas kurang menarik dan tidak dapat membuat siswa merasa gembira datang ke kelas. Sekolah Dasar (SD) memegang peranan yang sangat penting dalam pendidikan.
Menurut sebagian besar guru, pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit bagi anak. Hal ini ditujukan dari hasil belajar siswa yang masih rendah, pemahaman awal siswa sangat menetukan keberhasilan siswa oleh karena itu kondisi tersebur benar benar harus dipahami oleh seorang guru untuk membentu sikap dan siap belajr bagi siswa.
Salah satu tanda bahwa siswa mendapatkan ilmu pengetahuan yaitu siswa dapat memahami pelajran yang disampaikan guru, pamahaman merupakan faktor penting dalam proses belajar mengajar karena dengan paham siswa dapat tahu apa yang dipelajari dan dapat menyelasaikan permasalahan yang diberikan oleh guru dealam hal ini pemahaman konsep membandingkan bilangan.
Nilai ulangan harian matematika peserta didik kelas 2 di SDN Kalitimbang I menunjukan rendahnya tingkat penguasaan materi pada soal membandingkan bilangan.
Berdasarkan prasiklus dari 30 peserta didik kelas II SDN Kalitimbang hanya 11 (sebelas) orang yang dapat mencapai tingkat penguasaan materi sebesar 38%. Nilai tertinggi yang telah didapat oleh peserta didik yaitu 90 sebanyak 2 orang 70 sebanyak 3 orang, nilai 60 sebanyak 6 orang, 62% lagi belum tercapainya KKM  dalam mata pelajaran matematika  yaitu nilai 50 sebanyak 10 orang, niali 40 sebanyak 5 ora, ng, 30 sebanyak 2 orang, nilai 20 sebanyak 2 orang
Berdasarkan latar belakang peserta didik  di atas maka peneliti terdorong untuk melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul “ Upaya meningkatkan pemahaman konsep membandingkan bilangan pada siswa SDN Kalitimbang I Kecamatan Cibeber kota Cilegon”
B.       IDENTIFIKASI MASALAH
1.      Anak didik kurang mampu saat guru menjelaskan
2.      Siswa kurang paham tentang membandingkan bilangan
3.      Siswa tidak mampu membandingkan bilangan lebih kecil lebih besar
4.      Siswa kurang memiliki minat dalam belajar.

C.      RUMUSAN MASALAH
Masalah adalah segala rintangan tentang hambatan dan kesulitan yang memerlukan pemecahan jawaban agar usaha pencapaian tujuan dimaksud dapat berhasil dengan baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
·         Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan pembelajaran matematika pada peserta didik kelas II SDN Kalitimbang I Kota Cilegon?




D.      TUJUAN PENELITIAN
Tujuan utama penelitian ini  adalah :
E.       MANFAAT PENELITIAN
       ·    Mengetahui faktor penyebab peserta didik kurang aktif dalam belajar
       ·    Menganalisis media yang tepat suspaya peserta didik dapat terlibat langsung dalam            pembelajaran.
       ·    Meningkatkan pengusaan dan pemahaman materi matematika khususnya pada topik                membandingkan bilangan
Setelah penelitian ini selesai diharapkan dapat bermanfaat.
·         Bagi kepala sekolah sebagai bahan masukan atau input untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil kebijaksanaan untuk mendorong guru dalam menciptakan metode yang tepat untuk menentukan keberhasilan pengelolaan pembelajaran di sekolah.
·         Bagi guru, sebagai bahan masukan untuk dijadikan dasar yang akan dikerjakan dalam pelaksanaan kegiatan guru lebih berkembang dan terarah dalam mengelola situasi dan kondisi kelas.
·         Bagi siswa, dapat menyelesaikan tugas dengan cepat, tepat dan benar, dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan tepat, mampu menyelesaikan soal yang tak terbatas dalam waktu yang relatif singkat.

F.       KAJIAN TEORI
A.    Pengertian Pembelajaran
                Pembelajaran adalah proses, cara menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Sedangkan belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berusaha tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman (KBBI, 1996:14)
                Sependapat dengan pernyataan tersebut Soetomo (1993:68) mengemukakan bahwa pembelajaran adalah proses pengelolaan lingkungan seseorang yang dengan sengaja dilakukan sehingga memungkinkan dia belajar untuk melakukan atau mempertunjukkan tingkah laku tertentu pula. Sedangkan belajar adalah suatu proses yang menyebabkan tingkah laku yang bukan disebabkan oleh proses pertumbuhan yang bersifat fisik, tetapi perubahan dalam kebiasaan, kecakapan, bertambah, berkembang daya pikir, sikap dan lain-lain (Soetomo, 1993:120)
                Pasal 1 Undang –undang No. 20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional menyebutkan bahwa  pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
                  Jadi pembelajaran adalah proses yang disengaja yang menyebabkan siswa belajar pada suatu lingkungan belajar untuk melakukan kegiatan pada siatuasi tertentu.

B.     Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SD dan MI
Standar kompetensi mata pelajaran Matematika untuk SD dan MI berdasarkan kurikulum 2004, adalah sebagai berikut :
Kemampuan Matematika yang dipilih dalam standar kompetensi ini dirancang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa dengan memperhatikan perkembangan pendidikan matematika di dunia sekarang ini. Untuk mencapai kompetensi tersebut dipilih materi-materi matematika dengan memperhatikan struktur keilmuan, tingkat kedalaman materi, serta sifat esensial materi dan terpakainya dalam kehidupan sehari-hari secara rinci, standar kompetensi tersebut, adalah sebagai berikut :
a. Bilangan
·         Menggunakan bilangan dalam pemecahan masalah.
·         Menggunakan operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.
·         Menggunakan konsep bilangan cacah dan pecahan dalam pemecahan masalah.
·         Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannnya dalam pemecahan masalah.
·         Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pemecahan, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
b. Pengukuran dan Geometri
·         Melakukan pengukuran, mengenal bangun datar dan bangun ruang serta menggunakannya dalam pemecahan masalah sehari-hari.
·         Melakukan pengukuran, menemukan unsur bangun datar dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
·         Melakukan pengukuran keliling dan luas bangun datar dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
·         Melakukan pengukuran, menentukan sifat dan unsur bangun ruang, menentukan kesimetrian bangun datar serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
·         Mengenal sistem koordinat pada bidang datar.
c. Pengolahan Data
Mengumpulkan, menyajikan dan menafsirkan data.

C.    Pengertian Belajar Matematika
Menurut Nana Surjana, ( 1987 : 28 ) “Proses belajar berlangsung dalam waktu tertentu dan merupakan proses yang panjang dari satu fase ke fase berikutnya. Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang, bukan menghafal atau mengingat”.
Herman Hudoyo, ( 1979 : 89 ). Begitu juga dengan belajar matematika karena melibatkan suatu struktur hirarki dari konsep-konsep tingkat tertinggi yang dibentuk atas dasar apa yang telah terbentuk sebelumnya. Ros Effendi, ( 1980 : 148 ). Belajar matematika berarti mempelajari fikiran-fikiran manusia, yang berhubungan dengan ide, proses dan penalaran. Mohammad Soleh, ( 1998 : 3 ). Belajar matematika adalah belajar tentang bilangan, belajar menjumlah, mengurangi dan membagi yang terdapat dalam aljabar, aritmatika, dan geometri.
Jadi belajar matematika adalah melibatkan diri yang berhubungan dengan ide, proses dan penalaran yang semuanya telah tersusun secara hirarki dari konsep-konsep yang rendah sampai konsep-konsep yang lebih tinggi.

D.    Media Pembelajaran

Sistem pembelajaran saat ini masih dominan dengan istilah belajar yang diartikan sebagai kegiatan-kegiatan berupa duduk, dengar, catat kemudian pulang untuk dihapal. Melihat kondisi yang demikian, peserta didik akan merasakan kejenuhan yang berkepanjangan. Untuk menghindari dan mengantisipasi kejenuhan itu, maka perlu adanya pembentukan konsep penting yang harus dilaksanakan dalam praktik pembelajaran. Salah satu di antaranya adalah penggunaan media pembelajaran.
Menurut Heinich dkk (1993) media merupakan alat saluran komunikasi. Media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari “medium” yang secara harfiah ‘perantara’ yaitu perantara sumber pesan dengan penerima pesan. Heinich mencontohkan media ini seperti film, telivi tersebut,diagram,bahan bercetak,komputer, dan struktur pesan-pesan dalam rangka mencapai tujuan.
Media gambar
“Gambar” dapat kita temukan dimanapun kita berada dipinggir jalan, di pasar, di stasiun, dalam majalah dalam buku pelajaran dan lain lain. Gambar pun banyak dipergunkan di kelas karena mudah membuat atau mendapatkannya dan murah biayanya pembuatannya
Dalam hal ini peniliti mengunakan gambar yang sering dilihat dalam kehidupan sehari-hari, contohnya pensil, buku,permenn dan lain – lain. Siswa diminta menghitung jumlah  gambar yang telah dikolompokan kemudian siswa di minta membandingkan jumlah gambar tersebut dengan lebih banyak atau lebih sedikit. Siswa tidak hanya mambayangkan apa yang dijelaskan guru tetapi mereka dapat melihat langsung objeknya melalui gambar hal ini  akan menghindarkan kesalahan persepsi pada murid.
E.     Hasil Belajar
Hasil belajar siswa adalah nilai yang diperoleh siswa selama kegiatan belajar mengajar. Belajar diartikan sebagai gejala perubahan tingkah laku yang relatif permanen dari seseorang dalam mencapai tujuan tertentu De Cecco (dalam Witjaksono, 1985:6). Menurut Gagne (dalam Witjksono, 1985:6) belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam disposisi atau kapabilitas seseorang, dalam kurun waktu tertentu, dan bukan semata-mata sebagai proses pertumbuhan. Pendapat senada juga diutarakan oleh Susanto (1991:1) yang menyatakan bahwa belajar merupakan proses dimana otak atau pikiran mengadakan reaksi terhadap kondisi-kondisi luar dan reaksi itu dapat dimodifikasi dengan pengalaman-pengalaman yang dialami sebelumnya. Melalui proses belajar anak dapat mengadaptasikan dirinya pada lingkungan hidupnya. Adaptasi itu dapat berupa perubahan pikiran, sikap, dan ketrampilan.
Selaras dengan pernyataan di atas Bloom (dalam Budiningsih, 2005:75) menekankan perhatiaannya pada apa yang mesti dikuasai oleh individu. Tujuan belajar yang dikemukakannya dirangkum kedalam tiga kawasan yang terkenal dengan taksonomi Bloom adalah sebagai berikut:
  1. Domain kognitiif, terdiri atas 6 tingkatan yaitu:
a.       Pengetahuan (mengingat, menghafal)
b.      Pemahaman (mengintepretasikan)
c.       Aplikasi (menggunakan konsep untuk memecahkan masalah)
d.      Analisis (menjabarkan suatu konsep)
e.       Sintesis (menggabungkan bagian-bagian konsep menjadi suatu konsep utuh)
f.       Evaluasi (membandingkan nilai-nilai, ide, metode, dsb)
  1. Domain psikomotor, terdiri atas 5 tingkatan yaitu:
a.       Peniruan (menirukan gerak)
b.      Penggunaan (menggunakan konsep untuk melakukan gerak)
c.       Ketepatan (melakukan gerak dengan benar)
d.      Naturalisasi (melakukan gerak secara wajar)
  1. Domain afektif, terdiri atas 5 tingkatan yaitu:
a.       Pengenalan (ingin menerima, sadar akan adanya sesuatu)
b.      Merespon (aktif berpartisipasi)
c.       Penghargaan (menerima nilai-nilai, setia kepada nilai-nilai tertentu)
d.      Pengorganisasian (menghubung-hubungkan nilai-nilai yang dipercayainya)
e.       Pengalaman (menjadikan nilai-nilai sebagian bagian dari pola hidupnya)
Hasil belajar yang diukur pada pembelajaran yang berlandaskan kurikulum 2004 meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Maka guru tidak hanya menilai siswa dari aspek intelektual tetapi kemampuan sosial, sikap siswa selama proses belajar mengajar serta keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran juga dinilai oleh guru. Siswa yang telah mengalami pembelajaran diharapkan memilki pengetahuan dan ketrampilan baru serta perbaikan sikap sebagai hasil dari pembelajaran yang telah dialami siswa tersebut. Pengukuran hasil belajar bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dalam menyerap materi. Sebaiknya hasil belajar  yang telah dinilai oleh guru diberitahukan kepada siswa agar siswa mengetahui kemajuan belajar yang telah dilakukannya serta kekurangan yang masih perlu diperbaiki. Penilaian hasil belajar pada akhirnya sebagai bahan refleksi siswa mengenai kegiatan belajarnya dan refleksi guru terhadap kemampuan mengajarnya serta mengevaluasi pencapaian target kurikulum.
Benjamin S. Bloom dalam Taxonomy of Education Objectives (Winkel, 1996:274) membagi hasil belajar kedalam tiga ranah:
1.                        Ranah Kognitif
Ranah kognitif (berkaitan dengan daya piker, pengetahuan, dan penalaran) berorientasi pada kemampuan siswa dalam berfikir dan bernalar yang mencakup kemampuan siswa dalam mengingat sampai memecahkan masalah, yang menuntut siswa untuk menggabungkan konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya. Ranah kognitif ini berkenaan dengan prestasi belajar dan dibedakan dalam enam tahapan, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analsisi, sintesis, dan eveluasi. Pada siswa SMP diutamakan pada ranah pengetahuan, pemahaman, dan penerapan.
Pengetahuan mencakup kemampuan mengingat tentang hal yang telah dipejari, dan tersimpan dalam ingatan. Pengetahuan itu berkenaan dengan fakta, peristiwa, kaidah, prinsip, teori, dan rumus. Pengetahuan yang telah tersimpan dalam ingatan, digali pada saat dibutuhkan dalam bentuk mengingat (recall) atau mengenal kembali (recognition).
Pemahaman mencakup kemampuan untuk menyerap makna dan arti dari bahan yang dipelajari. Kemampuan seseorang dalam memahami sesuatu dapat dilihat dari kemampuaannya menyerap suatu materi, kemudian mengkomunikasikannya dalam bentuk lainnya dengan kata-kata sendiri.
Penerapan mencakup kemampuan untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam kegiatan pembelajaran untuk menghadapi situasi baru dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat penerapan ini dapat diukur dari kemampuan menggunakan konsep, prinsip, teori, dan metode untuk menghadapi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Ranah Psikomotor
Ranah psikomotor berorientasi kepada ketrampilan fisik, ketrampilan motorik, atau ketrampilan tangan yang berhubungan dengan anggota tubuh atau tindakan yang memerlukan koordinasi antara syaraf dan otot. Simpson (dalam Winkel, 1996:278) menyatakan bahwa ranah psikomotor terdiri dari tujuh jenis perilaku yaitu: persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan yang terbiasa, gerakan kompleks, penyesuaian pola gerakan, dan kreativitas.
Sedangkan menurut Kibler, Barker, dan Miles (dalam Dimyati dan Mudjiono, 1994:195-196) ranah psikomotor mempunyai taksonomi berikut ini:
a.          Gerakan tubuh yang mencolok, merupakan kemampuan gerakan tubuh yang menekankan kepada kekuatan, kecepatan, dan ketepatan tubuh yang mencolok.
b.      Ketepatan gerakan dikordinasikan, merupakan ketrampilan yang berhubungan dengan gerakan mata, telinga, dan badan .
c.          Perangkat komunikasi non verbal, merupakan kemampuan mengadakan komunikasi tanpa kata
d.      Kemampuan berbicara, merupakan kemampuan yang berhubungan dengan komunikasi secara lisan Untuk kemampuan berbicara, siswa harus mampu menunjukkan kemahirannya memilih dan menggunakan kata atau kalimat sehingga informasi, ide, atau yang dikomunikasikannya dapat diterima secara mudah oleh pendengarnya.
3.                        Ranah Afektif
Ranah afektif (berkaitan dengan perasaan/kesadaran, seperti perasaan senang atau tidak senang yang memotivasi seseorang untuk memilih apa yang disenangi) berorientasi pada kemampuan siswa dalam belajar menghayati nilai objek-objek yang dihadapi melalui perasaan, baik objek itu berupa orang, benda maupun peristiwa. Ciri lain terletak dalam belajar mengungkapkan perasaan dalam bentuk ekspresi yang wajar. Menurut Krochwall Bloom (dalam Winkel 1996:276) ranah afektif terdiri dari penerimaan, partisipasi, penilaian, dan penentuan sikap, organisasi, dan pembentukan pola hidup.Untuk ranah kognitif, guru menilai kemampuan kognitif siswa berdasarkan hasil tes yang diberikan kepada siswa pada akhir pelaksanaan siklus 1 dan 2.
G.      METODE PENELITIAN
a.      Rencana Penelitian
1.      Tempat Penelitian
Tempat penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di SDN Kalitimbang I, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon
2.      Waktu Penelitian
Waktu penelitian adalah waktu berlangsungnya penelitian atau saat penelitian ini dilangsungkan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember sampai Januari 2012 semester genap.
3.      Subyek Penelitian
Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas II Kalitimbang  pada mata pelajaran matematika materi membandingkan bilangan
4.      Lama Tindakan
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan Nopember, mulai dari siklus I, Siklus II dan Siklus III.

  1. Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain :
1.       Perencanaan
Meliputi penyampaian materi pelajaran, latian soal, pembahasan latian soal, tugas pekerjaan rumah ( kegiatan penelitian utama ) pembahasan PR, ulangan harian.

2.       Tindakan ( Action )/ Kegiatan, mencakup
a.     Siklus I, meliputi : Pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup.
b.     Siklus II ( sama dengan I )
c.     Siklus III ( sama dengan I dan II )
3.       Refleksi, dimana perlu adanya pembahasan antara siklus – siklus tersebut untuk dapat menentukan kesimpulan atau hasil dari penelitian.


H.      JADWAL PENELITIAN
No
KEGIATAN
MINGGU KE……..
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Perencanaan
2
Proses pembelajaran
3
Evaluasi
4
Pengumpulan Data
5
Analisis Data
6
Penyusunan Hasil
7
Pelaporan Hasil

I.         DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar